Selamat Berkunjung di Goa Maria Bali

1/03/2008

ZIAREK UMAT KATOLIK SANTO YAKOBUS, KELAPA GADING JAKARTA

Tanggal 28 Juni 2007 hari Kamis adalah hari keberangkatan umat St Yakobus, Kelapa Gading Jakarta ke Bali dalam rangka: ziarah ke Goa Maria Airsanih, pertandingan bulutangkis, dan mengunjungi obyek-obyek wisata. Rombongan sebanyak 43 orang, berangkat ke Bali dengan menggunakan Sriwijaya air, walau keberangkatan ditunda tidak terlalu mengusik kegembiraan, jam 18.00 wita rombongan tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dan menginap di Rumah Retret / Khalwat Tegaljaya. Didik Sugiarto, selaku pemimpin Rumah Retret / Khalwat Tegaljaya menyambut kedatangan Rm. Yus Noron dan rombongan dan

Kegiatan pertama di Bali adalah pertandingan bulutangkis dengan pemain-pemain bulutangkis dari Dalung, yang di koordinir oleh Yohanes, guru olah raga di SD Tegaljaya. Yohanes mengkoordinir anggota Koperasi Kredit (Credit Union) di sekitar Dalung, seperti: Kopdit Kubu Gunung, Kopdit Tritunggal Tuka dan Kopdit Sumber Kasih Tangeb. Pemain-pemain adalah anggota koperasi kredit. Kepenatan/keletihan Pemain-pemain dari ST Yakobus, setelah perjalanan jauh sirna ketika mereka menggenggam raket. Salah satu pemain yang bernama Rudi, menunjukan semangatnya, meskipun mengalami cedera kaki, tapi masih mampu mempertontonkan kemampuan yang dimiliki, backhandnya memukau pemain-pemain dari Dalung. Romo Yus Noron, Pastor Kepala Paroki St Yakobus, juga ikut bertanding, Romo Yus Noron memang mempunyai hobi bulutangkis sejak kecil.

Kegiatan hari kedua dimulai dengan Misa Kudus di kapel Rumah Retret / Khalwat Tegaljaya, setelah itu ziarah ke Goa Maria Air Sanih dengan menggunakan Bus Gugana, dalam perjalanan singgah di Bedugul. Acara ziarah di Air Sanih diisi dengan jalan salib, doa pribadi dan mengambil air suci. Di Goa Maria, rombongan menikmati singkong rebus, uniknya singkong direbus dengan menggunakan legen, minuman yang terbuat dari tetesan cairan tangkai bunga pohon lontar yang dipotong. Setelah ziarah, acara dilanjutkan dengan pertandingan bulutangkis di Singaraja melawan pemain bulutangkis. Pemain bulutangkis dari Singaraja adalah anggota Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja. Robongan yang tidak bermain bulutangkis atau menonton, menikmati pertunjukan lumba-lumba di Hotel Melka, Lovina. Rangkaian pertandingan persahabatan ditutup dengan makan malam bersama khas Bali, yaitu babi guling di kantor Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja.

Kegiatan hari ketiga, keempat dan kelima, sepenuhnya mengunjungi obyek wisata dan menikmati makanan khas di Bali. Obyek wisata yang dikunjungi adalah kintamani, Tanah Lot, Kuta, Garuda Wisnu Kencana dll, sedangkan makanan yang khas yang dinikmati adalah menu bebek di restoran Bebek Bengil dan ikan bakar di Jimbaran.

Hari Minggu, 1 Juli 2007 adalah hari terakhir Rombongan St. Yakobus ziarek di Pulau Bali. Rm. Yus Noron Pr, Rm.Tunjung pr, Rm. Sapto CM dan rombongan misa bersama dengan umat Tegaljaya dan sekitarnya di kapel Rumah Retret / Khalwat Tegaljaya, jam 08.00 wita.

Tidak ada komentar: